Perhatian : para pengunjung di Larang Pencet / klik judul iklan yg bertentangan dengan SYARIAH ISLAM, harap maklum karena pemilik website tidak bisa mengontrol penuh tampilan iklan. .. terimakasih dan anda berkunjung di blogger tentang ternak / penangkaran, semoga kita semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT. amin ya robbal alamin.

Kamis, 13 Juni 2013

Cara Ternak Burung Cucak Rowo

Cara Ternak Burung Cucak Rowo | beternak cucak rowo pemula | berternak cucak rowo. Pertama siapkan indukan cucakrowo yang betina dan yang jantan. Setelah itu siapkan kandang yang cukup, misal ukuran panjang 2 meter, tinggi 2.5 meter dan lebar 1 meter. Berilah makan yang bergizi, pisang tiap hari, jangkrik 40 per hari, dan jangan lupa beri cacing dan pepaya. Sediakan sarang dari serabut kelapa dipasang di tempat yang aman. Jangan diletakkan di dekat keramaian, karena cecakrowo senang pada tempat yang tenang, udaranya dingin dan sedikit kena sinar matahari.


Cara Ternak Burung Cucak Rowo


tips dan trik cara ternak burung cucak rowo yang lain :

Untuk cara beternak cucak rowo ini bisa di bilang susah-susah gampang, karena cara berternak cucak rowo itu butuh keuletan tersendiri.
“Ukuran sangkarpun tidak terlalu luas, satu sangkar berukuran lebar 1,5 Meter dengan ketinggian kira-kira 2 meter, kondisi  sangkarpun harus tertutup rapat, hanya bagian atas sangkar yang terbuka”.

Didalam sangkar penangkaran cucakrowo, dibuat layaknya hutan, seperti habitat asli cucakrowo. Terdapat tempat bertelur dan tempat untuk menaruh pakan, untuk menjaga kelembapan dan kebersihan kandang, dua hari kandang disemprot air untuk dibersihkan.
Bakalan indukan di pilih yang memiliki kualitas bagus, adapun usia harus minimal satu tahun, cucakrowo sudah mulai belajar berproduksi. Perlu waktu sekitar 14 hari untuk mengerami telurnya hingga jadi piyik cucakrowo.

Adapun. menu makan untuk cucakrowo tidaklah ribet, cukup diberi makan pisang, jangkrik dan poer pada pagi hari dan sore hari. Untuk menu makan bakalan cukup ditumbuk halus dengan campuran air.

Tidak ada tips khusus dalam menangkarkan cucakrowo azis berfilosofi, kita sebagai penangkar harus mengikuti irama hidup cucakrowo jangan sampai burung yang mengikuti keinginan dari si penangkar, apabila menginginkan yang terbaik dari hasil penangkaran.

“Masalah yang utama sebenarnya bukan di kandangnya tapi di indukanya, kita juga harus jeli jika cucakrowo berkeinginan pindah kandang” jelasnya.

Untuk harga bakalan berumur 45 hari, seharga 6 juta rupiah satu pasang cucakrowo.
Anda berminat ? atau anda ingin cukup memeliharanya saja ? coba anda kunjungi penangkar / penjual anakan cucak rowo asal gresik bernama bpk. H Umar Faruk, siapa tau anda mendapatkan bakalan bagus dikemudian hari. anda ingin ternak kenari ? baca : ternak kenari pemula

Sekian artikel cara sukses ternak ini tentang  Cara Ternak Burung Cucak Rowo

5 komentar:

  1. pak tolong alamat dan nomer telpnya yg jelas dong saya berminat untuk ternak cucak rowonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak fransly, kami sedia piyik cucak rowo, saat ini kebetulan ada tapi bentar lagi inslloh udh mkn sndri, udh ad yg ngelamar, tapi posisi msh blm full mkn sendiri. kalau anda minat 1 pasang untuk ternak inslloh bisa.

      Hapus
  2. Assalammualaikum pak, saat ini ada gak piyikan CR yg sudah makan sendiri? Kalau ada saya akan sowan ke tempat Bapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm pak, piyik cucak rowo ada inslloh kurang lebih 25 harian lagi. silahkan langsung menemui penangkarnya gk pp gan.

      Hapus
  3. Sukamto kamto : Pak.faruk sabtu kmarin mau lihat/ambil kAcer.sklian mampir aku dr teman Dipolres gresik

    sahabat : maaf pak sukamto, sepertinya saat ini indukan kacer di penangkar milik pak faruk sudah di jual (jebol kandang) semua, kemungkinan penangkar asal gresik pak h faruk lebih fokus ke murai batu medan. mungkin dikemudian hari nilai piyik meningkat bisa saja suatu hari nanti akan ternak kacer kembali. harap maklum dan terimakasih kunjungannya.

    BalasHapus

Terimakasih bila anda mau menambahkan atau kritik mengenai artikel diatas. Bila anda ingin pesan piyik burung berkicau silahkan hubungi kami. Semoga kita selalu diberi perlindungan oleh Alloh SWT. Amin ya robbal alamin.